PENYAKIT GIZI PADA BURUNG PELIHARAAN

Budgie health: Why has my pet bird started lying down? | Nature | News |  Express.co.ukPola makan unggas yang tepat melampaui kantong warna-warni dari benih toko bahan makanan yang biasanya dikaitkan dengan makanan burung. Kegagalan memenuhi kebutuhan nutrisi burung peliharaan dapat menyebabkan kekurangan nutrisi dengan konsekuensi kesehatan yang parah.

Jill Heatley , seorang profesor di Texas A&M College of Veterinary Medicine & Biomedical Sciences, menjelaskan konsekuensi kesehatan dari memberi makan burung peliharaan Anda makanan yang tidak memadai dan bagaimana mengembalikan kesehatan teman berbulu Anda ke jalurnya.

“Penyakit nutrisi adalah kondisi yang berhubungan dengan nutrisi yang menyebabkan penyakit pada hewan,” kata Heatley. “Pada burung, ini sering termasuk kekurangan makanan; namun, obesitas dan penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular juga termasuk. “

Karena penyakit gizi merangkum berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan gizi, penyebabnya dapat bervariasi.

“Makanan adalah faktor utama penyakit nutrisi pada burung, dan beberapa spesies burung lebih rentan terhadap penyakit nutrisi dibandingkan yang lain,” kata Heatley. “Penyakit tertentu yang memengaruhi hati, saluran pencernaan, atau sistem saraf juga dapat membuat burung berisiko terkena penyakit gizi.”

Gejala penyakit gizi juga bermacam-macam, tergantung faktor pemicunya. Seorang dokter hewan dapat mengenali gejala dengan baik dan menentukan penyebab spesifiknya.

“Penurunan atau kenaikan berat badan, kualitas bulu yang buruk, atau kulit yang mengelupas dan mengelupas adalah tanda-tanda umum penyakit nutrisi pada burung,” kata Heatley. Tanda-tanda tambahan mungkin termasuk bintik-bintik kuning di mulut, peradangan di sekitar mata atau telinga, atau penipisan kulit di bagian bawah kaki.

Pemilik burung yang prihatin dengan kesehatan hewan peliharaan mereka harus berhati-hati untuk memastikan bahwa burung mereka diberi makan untuk spesies burung tertentu mereka.

“Penyakit gizi dapat dicegah dengan pola makan yang tepat untuk jenis burung tertentu, tidak hanya benih. Pakan pelet yang sesuai untuk setiap spesies burung peliharaan tersedia untuk sebagian besar spesies, yang, bersama dengan buah-buahan dan sayuran tertentu untuk beberapa spesies, menyediakan makanan yang seimbang, ”kata Heatley.

Burung peliharaan yang menderita penyakit nutrisi harus diberikan makanan yang sehat sesegera mungkin. Dengan makanan dan perawatan yang tepat, burung Anda dapat pulih sepenuhnya dan bahagia seperti burung. Anda juga dapat memberikan asupan vitamin seperti optimaxx yang dapat meningkatkan performa jagoan anda.

“Memberi makan makanan yang sesuai nutrisi adalah yang terbaik, tetapi terkadang suplementasi tambahan dapat direkomendasikan oleh dokter hewan Anda dalam kasus yang ekstrim,” kata Heatley. “Tanda-tanda awal penyembuhan penyakit nutrisi mungkin hanya memakan waktu beberapa hari, tetapi bulu dan kualitas kulit yang lebih baik mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan, karena beberapa burung hanya berganti kulit dua kali atau bahkan sekali setahun.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *