Siapkan Drum Anda Untuk Merekam

Merekam drum akustik adalah salah satu tugas studio yang paling sulit. Suara drum yang terakhir direkam adalah kombinasi dari insinyur yang menangkap suara dan penampilan drummer, tetapi yang sama pentingnya adalah suara drum itu sendiri. Guncangan dan dengungan yang tidak diinginkan dapat luput dari perhatian saat diputar secara live, tetapi di studio, mikrofon menangkap semuanya. Berikut ini adalah beberapa tip untuk mempersiapkan drum Anda sebelum Anda masuk ke studio rekaman.

KEPALA

Diskusi mendetail tentang kepala drum yang berbeda dan cara menyetelnya berada di luar cakupan artikel ini. Mereka sebagian besar adalah keputusan subjektif berdasarkan selera pribadi dan gaya musik yang direkam. Saya akan mengatakan bahwa penting bahwa drum head relatif baru dan disetel dengan baik. Kepala drum akan kehilangan elastisitas dan nadanya saat Anda memainkannya berulang kali dan head baru dapat membuat perbedaan besar dalam suara rekaman. Tidak ada aturan yang ditetapkan tentang seberapa sering Anda harus mengganti kepala drum Anda, tetapi jika ragu, pasang kepala baru dan setel drum sebelum Anda masuk ke studio.

TEPI

Saat Anda melepaskan kepala dari drum, mari kita periksa untuk memastikan semua bagian lainnya dalam kondisi optimal. Mari kita mulai dengan tepi bantalan. Tepi bantalan adalah bagian dari drum yang benar-benar bersentuhan dengan kepala drum. Gerakkan jari Anda di sekitar tepi drum untuk memastikan tidak ada goresan atau penyok. Jika tepi bantalan tidak membuat segel dengan kepala drum, hal itu dapat menyebabkan drum berdengung dan menyulitkan penyetelan.

Penyebab utama penyok ini adalah ketika drumer memukul tepi bantalan dengan kunci drum saat melakukan penyetelan. (Jika Anda menggunakan kunci drum untuk memeriksa titinada di sekitar batang penegang saat menyetel, pastikan Anda tidak mengenai tepi bantalan).

Jika Anda menemukan sesuatu yang salah dengan tepi bantalan, saya sarankan Anda membawanya ke bengkel ahli drum untuk dipotong ulang. Jika toko musik lokal Anda tidak menyediakan layanan ini, mungkin mereka bisa merekomendasikan seseorang.

DRUM

Ukur drum pada berbagai titik tepi bantalan untuk memastikan drum benar-benar bulat. Letakkan drum pada permukaan yang rata dan pastikan tidak goyah dan tidak melengkung. Jika drum berubah bentuk, itu juga bisa membuatnya sangat sulit untuk disetel.

PERANGKAT KERAS

Itu juga berlaku untuk lingkaran penghitung yang melewati kepala drum. Pastikan itu tidak melengkung atau goyah. Oleskan sedikit oli mesin atau WD-40 ke semua bagian logam bergerak dari pedal bass drum dan penyangga hi hat agar tidak berdecit. Pastikan Anda telah merasakan washer di semua dudukan simbal (tempat simbal diletakkan di atas dudukan) sehingga tidak ada kontak logam ke logam.

Pada drum yang lebih tua dari sekitar tahun 1970, mungkin perlu untuk mengemas lug (bagian di mana batang tegangan disekrup) dengan kapas. Lug yang lebih tua menggunakan pegas untuk menjaga penerima batang tegangan tetap di tempatnya dan ini dapat menyebabkan getaran saat memainkan drum.

Lug modern menggunakan plastik untuk menahan receiver di tempatnya sehingga tidak akan ada masalah dengan drum yang lebih baru. Jika Anda tidak yakin, lepaskan lug dari drum dan lihat ke dalam untuk melihat apakah ada mekanisme pegas. Jika demikian, cukup letakkan sedikit bola kapas di dalam lug agar pegas tidak bersuara. Pastikan untuk mengamankan semua lugs dengan erat saat Anda memasangnya kembali ke drum.

SNARES

Tujuan kabel snare pada snare drum adalah untuk berdering saat head bagian bawah bergetar akibat benturan drum. Itulah yang membuat snare drum berbunyi, tetapi juga dapat menghasilkan getaran simpatik yang tidak diinginkan. Misalnya, jika tom disetel dekat dengan nada snare dan juga diposisikan di dekat snare, memukul tom dapat menyebabkan snare berbunyi secara berlebihan.

Jika demikian, coba setel sedikit keempat lugs yang paling dekat dengan kabel snare di bagian bawah kepala snare. Anda juga dapat mencoba menyetel tom sedikit lebih tinggi atau lebih rendah untuk menjauhkan nada dari snare pitch. Jika tidak berhasil, letakkan sedikit kain flanel di antara kabel snare dan kepala bagian bawah. Lakukan ini dengan hemat, karena dapat mencekik suara jerat. Secara umum, perlu diingat bahwa mendengar jerat saat Anda memukul drum lain adalah normal dan jika deru tidak berlebihan seharusnya tidak menjadi masalah.

Anda mungkin menemukan bahwa dibutuhkan lebih sedikit waktu untuk memutar suara drum yang bagus jika Anda menjaga detail kecil ini sebelum Anda memasuki studio. Jika Anda merawat drum Anda, drum Anda akan merawat Anda (saya tidak yakin apa artinya tetapi kedengarannya bagus di kepala saya).

Produsen alat drumband Yogyakarta akan membantu anda memilih drum yang anda butuhkan. kunjungi sekarang. [https://tajusa-drumband.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *